Tuesday, April 5, 2016

Tips n tricks (1) : Perawatan velg dan roda cadangan

Seringkali kita melupakan komponen satu ini karena selain posisinya tersembunyi juga jarang sekali kita mengalami kejadian ban bocor. Namun tak ada salahnya jika kita sesekali menengok dan mengecek kondisi velg dan ban serep mobil kita masing2.

Sebelum memperbaiki ban serep lebih baik siapkan peralatan sbb :
1. Sealant hitam = bisa dibeli di toko/ supermarket bangunan
2. Ampelas kasar besi
3. Busa + sabun cuci

Caranya :
1. Copot ban serep dari tempatnya. Putar ke kiri baut pembuka ban serep menggunakan kunci roda
2. Waktu ambil roda serep, perhatikan posisi awal velg menghadap kemana. Kebanyakan posisi "coakan" sisi dalam velg berada menghadap kebawah. Sisi velg + lubang baut pengunci menghadap keatas.
3. Perhatikan sisi dalam velg hampir dipastikan terendam oleh air, entah air hujan bisa dari banjir atau cipratan dari roda belakang ataupun semprotan air cucian mobil. Buang air tersebut dan bilas velg sampai bersih. Jika ada karat yg menempel, bisa dibersihkan dengan ampelas kasar khusus besi.
4. Gosok permukaan velg yg berkarat sampai bersih. Jika sudah terasa karat hilang, raba permukaan velg pasti tetap kasar bekas karat. Cuci velg dengan air bersih + sabun.
5. Keringkan velg dibawah sinar matahari. Tunggu hingga benar2 kering.
6. Setelah velg kering, lihat velg pasti terlihat ada bagian yg tetap berwarna orange bekas karat. Lap bersih velg berikut posisi bekas karat tersebut.
7. Siapkan sealant hitam yg telah dibeli
8. Potong ujung sealant hitam dan oleskan pada posisi velg bekas karat tersebut. Oleskan keliling memutari velg sampai rata. Bantu tekan dan oles dengan menggunakan ujung telunjuk untuk mendapatkan hasil yg rata
9. Setelah semuanya rata tertutup oleh sealant, velg dijemur dibawah sinar matahari agar kering sempurna. Setelah kering, lihat velg apakah sudah tertutup sempurna dengan sealant.. Jika dirasa ada bagian yg belum tertutup, silakan diulangi dan ditumpuk dengan sealant dan dijemur kembali.
10. Setelah proses sealant sudah selesai, ban serep bisa dipasang kembali. Sebelum dipasang, lebih baik beberapa lubang velg ditutup oleh plastik kresek agar air tidak masuk kedalam velg serep. Kaitkan velg serep ke tempat semula dan putar pengunci roda ke arah kanan.

Selamat mencoba.

Sealant hitam berikut tembaknya






















Detil velg yang sudah di-sealant

Hasil akhir






3 comments:

  1. cakebbbs min...ane juga blm pernah buka2 serep oiyyy

    ReplyDelete
  2. cakebbbs min...ane juga blm pernah buka2 serep oiyyy

    ReplyDelete
  3. siang om2 gantenk...
    minta infonya
    ad yg mau jual velg serep grandis ga ??
    tlng infonya om2
    makasih

    ReplyDelete